Sunday, July 26, 2009

Paket Wisata Pantai Gunung Kidul - Baron, Krakal, Kukup

Libur akhir ajaran kuliah saya bersama teman-teman SMA berencana untuk berpantai ria. Kami akan mengunjungi pantai-pantai di Gunung Kidul. Rombongan kami berjumlah 9 orang dan kami semua diangkut dalam 1 mobil kijang saja. Bisa dibayangkan betapa penuhnya ketika di dalam mobil. Sebenarnya 9 orang itu hanya orang-orang yang tersisa yang mau jalan-jalan, padahal kami mengundang 1 kelas. Tapi karena karena faktor kepentingan maka hanya 9 orang yang datang.

Tempat berkumpul sekaligus bernostalgia di SMA Negeri 1 Klaten

Bersiap menuju ke pantai

Pukul 8.00 kami berangkat dari starting point tempat kami berkumpul, yaitu di SMA Negeri 1 Klaten. Pantai pertama yang kami kunjungi adalah Pantai Krakal. Kami menempuh rute lewat jalur alternatif yaitu lewat Cawas-Wonosari. Setelah sempat kebingungan dalam mencari jalan akhirnya setelah 2 jam kami sampai juga di Pantai Krakal.

Angin Pantai Krakal emang begitu kencang. Namun terik matahari pada waktu itu tidak terlalu membakar kulit karena angin yang berhembus terasa dingin. Pantai Krakal memiliki pasir putih dan ombak berwarna hijau kebiru-biruan. Pantai yang cukup indah dengan ombak besar. Seperti layaknya pantai di Gunung Kidul lainnya, pantai Krakal juga terdapat banyak tebing karang yang menambah keindahan pantai. Ciri khas Pantai Krakal adalah banyak sekali krakal, yaitu bebatuan berongga yang bisa digunakan sebagai rumah ikan. Para ahli geologi pun mengatakan bahwa krakal-krakal dulunya berada di laut yang cukup dalam. Karena pergerakan dataran di bumi permukaannya pantai menjadi naik seperti sekarang ini. Jadi saat ini sering terdapat ikan-ikan yang berada di krakal-krakal tersebut.

Panorama di Pantai Krakal

This is friendship

Teman saya satu ini sedang autis di Pantai Krakal :D

Perjalanan selanjutnya adalah ke Pantai Kukup. Pantai Kukup letaknya tidak berjauhan dengan Pantai Krakal. Berbeda dengan Pantai Krakal yang tempat parkirnya berdekatan dengan pantainya, di Pantai Kukup pengunjung harus berjalan kaki cukup jauh dari tempat parkir agar sampai ke pantainya.

Pantai Kukup memiliki pasir putih seperti dengan Pantai Krakal. Di Pantai Kukup juga terdapat krakal-krakal namun tidak sebanyak di Pantai Krakal. Ombak di Pantai Kukup tidak terlalu besar sehingga pengunjung yang mau bermain air tidak perlu terlalu khawatir dengan ombak yang datang. Tebing-tebing di Pantai Kukup juga sangat banyak. Di Pantai Kukup terdapat gardu pandang di atas sebuah tebing yang dihubungkan oleh sebuah jembatan.

Di bawah tebing di Pantai Kukup

Cihuuy, pantai emang menyegarkan

Pantai Kukup emang cocok buat menghitamkan kulit

Bergaya sok keren menirukan adegan drama Taiwan

Setelah hari menjelang sore kami melanjutkan perjalanan kembali ke pantai terakhir yaitu ke Pantai Baron. Sebelumnya saya pernah menceritakan tentang Pantai Baron disini. Jadi disini saya hanya bercerita sedikit tentang Pantai Baron. Setelah di sampai di Pantai Baron kami hanya sebentar berada di sana karena hari sudah sore, takutnya nanti kami sampai rumah jadi terlalu malam. Di Pantai Baron kami hanya membeli pisang-pisang raja. Pisang di Baron memang terkenal murah dan enak.

Di kapal nelayan Pantai Baron

Setelah puas berbelanja di Baron kami segera kembali ke Klaten. Sesampai di SMA Negeri 1 Klaten sudah mendekati pukul 19.00 sehingga kami langsung pulang ke rumah masing-masing. Thanks guys for having fun this day. :D

No comments:

Post a Comment