Sunday, September 15, 2013

Girls' Generation World Tour Girls & Peace 2013 di Jakarta - Indonesia

Girls' Generation atau yang biasa disebut dengan SNSD (So Nyeo Shi Dae) merupakan girl group asal Korea Selatan dengan 9 anggota ~ Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona & Seohyun ~ dan pada tanggal 14 September 2013 kemarin mengadakan konser tunggal di Indonesia untuk pertama kalinya.

Sebenarnya saya mulai suka dengan SNSD belum lama yaitu sekitar 1 tahun yang lalu. Padahal SNSD sendiri debut pertama kali pada tahun 2007 dan booming sekitar tahun 2009. Sebelumnya walau teman-teman saya sering membicarakan SNSD tetapi pada waktu itu saya tidak tertarik sama sekali, seperti menutup mata dan hati #eh. Baru ketika saya tanpa sengaja melihat video klip SNSD yang berjudul 'All My Love is For You' (release September 2012) saya terkejut dengan image SNSD yang selama ini aku pikirkan. Ternyata mereka bukan asal menari ramai-ramai doank, musiknya juga bagus. Baru kemudian aku mengenali lagu-lagu SNSD yang lama *walau mungkin saya terlambat 'melek' SNSD tetapi seperti kata pepatah 'tidak ada kata terlambat daripada tidak sama sekali'* #loh

Waktu SNSD datang pertama kali ke Indonesia dalam tajuk SMTown Live World Tour III bersama artis-artis lain dalam 1 manajemen (Super Junior, f(x), BoA, SHINee, dll) pada 22 September 2012, saya tidak ikut menonton dan kepo terhadap ingar-bingarnya konser tersebut karena saya masih belum suka dengan SNSD ~ apalagi artis Korea yang lain. Namun berbeda dengan konser SNSD kali ini, saya pun mencoba untuk ikut menikmati perform-nya.

Sabtu, 14 September 2013 siang sekitar pukul 12 saya berangkat ke MEIS (Mata Elang International Stadium) di Ancol sebagai lokasi tempat konser. Saya berangkat bersama teman saya naik Trans Jakarta dari halte Senen jurusan Kampung Melayu - Ancol. Waktu di Trans Jakarta pun tampak sudah ada rombongan yang akan menonton konser SNSD karena mereka mengenakan baju bertulisakan Girls Generation World Tour Girls & Piece. Ternyata di halte Ancol ada pintu masuk langsung ke Ancol yang setahu saya pintu masuknya cuma ada satu. Setelah membayar biaya masuk ke Taman Impian Jaya Ancol sebesar Rp 17.500 kami kemudian naik bus yang telah disediakan oleh pihak wisata Ancol untuk menuju ke MEIS. Baru tahu juga kalau ada fasilitas bus, dan juga gratis karena memang sudah disiapkan untuk mengantar para pengunjung yang ingin berkeliling ke venue-venue di Ancol.

Masuk Ancol lewat jalur Trans Jakarta

Setelah sekitar 1 jam perjalanan ~ Trans Jakarta, bus Ancol, jalan kaki ~ sampai juga kami di MEIS. Lalu kami segera menukarkan tiket di tiket box untuk mendapatkan tiket asli. Sudah ada stand-stand khusus untuk penukaran tiket dari berbagai partner yang ikut menjual tiket konser SNSD. Untuk kali ini karena saya membeli tiket di Tiket.com maka saya segera menuju ke stand Tiket.com dengan membawa print out bukti pemesan, fotokopi kartu identitas dan kartu kredit asli. Sambil menunggu open gate pukul 14.30 saya bersama teman-teman mengobrol di Mall Ancol Beach City. Baru tahu juga ternyata MEIS itu terletak di Mall Ancol itu sendiri, tepatnya di lantai 2. Walau begitu Mall Ancol juga dipenuhi oleh SONE (para fans SNSD).

Tiket box tempat penukaran tiket konser SNSD

Mall Ancol Beach Beach City, tempat Mata Elang International Stadium berada

Sekitar pukul 15.30 kami pun mulai memasuki gate untuk menuju ke lokasi konser. Kata teman saya waktu masuk ke lokasi konser kali ini sangat teratur dan rapi, berbeda jauh dibandingkan ketika menonton konser SMTown Live World Tour III di Stadion Gelora Bung Karno. Waktu masuk ada beberapa pemeriksaan berlapis. Mulai dari pemeriksaan tiket, pemasangan gelang konser, pemeriksaan logam, dan penggeledahan tas dan barang bawaan lainnya. Sekitar pukul 16.00 kami sudah menemukan seat kami *purple* dan ternyata lumayan jauh dari panggung. Tiket purple itu saja harganya Rp 1 juta, harga kedua paling murah ~ kelas paling murah *green* Rp 600 ribu *masak ya harus beli yang premium red seharga Rp 2,5 juta -,- kalau yang festival berdiri *pink* Rp 1,75 juta jelas udah males duluan, pasti desak-desakan *males harganya juga dink :D*...

Gate masuk ke lokasi konser SNSD

Walau tahu jarak seat saya ke panggung agak jauh dan pasti susah melihat secara jelas wajah-wajah para member SNSD ketika mereka menyanyi dan menari ~ walau pun juga pasti ada layar LCD besar yang menyorot mereka ~ saya tidak tinggal diam dan berpuas diri begitu saja. Saya sudah membeli teropong untuk menyiasati tempat duduk yang agak jauh tesebut. Ya, saya membeli teropong seharga Rp 300.000, *niat bener*. Teropong Binocular Bushnell 10x70x70 dengan optical zoom sampai 70x. Lumayan berguna sekali dan sangat menyenangkan, bahkan bisa sampai close-up wajah para member SNSD ketika di atas panggung.

Teropong Binocular Bushnell 10x70x70

Tepat pukul 16.30 para penonton disuruh berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Walau yang tampil adalah artis luar negeri tetapi tetap donk nasionalisme harus tetap dijaga #loh. Beberapa saat kemudian VTR (Video Tape Recorder) sebagai video pembuka yang menampilkan para personel ditayangkan dan spontan suara penonton langsung bergemuruh. Sound yang dihasilkan walau masih tidak sejernih jika mendengarkan menggunakan headset mahal tapi sangat kenceng dan powerful. Cukup membuat telinga berdenging. Lighting yang ada pun juga sangat bagus dan keren.

Arena konser yang dipenuhi oleh cahaya lightstick

Pemandangan ketika SNSD perform

Dan SNSD pun mulai masuk ke lagu dan teriakan penonton pun semakin memekakkan telinga. Memang sih saya baru pertama kali nonton konser indoor seperti ini, ditambah dengan MEIS yang hampir penuh semakin membuat heboh euforia konsernya. Berikut track list dari konser SNSD.

- Hoot
- Animal
- The Boys
- I Got A Boy

Sehabis menyanyikan 4 lagu in a row kemudian para member SNSD memperkenalkan diri. Lucu-lucu juga karena waktu memperkenalkan diri ada yang menggunakan bahasa Indonesia, Seohyun - Sooyoung - Yuri - Tiffany - Taeyeon - Sunny misalnya. Juga terdapat fan event yang mengucapkan ulang tahun kepada Hyoyeon, tetapi karena belum waktunya tentu saja Hyoyeon bilang ntar pas waktunya saja ngucapinnya *pasti banyak yang kecewa tuh*.

- Say Yes
- Dancing Queen

Break (pemutaran VTR yang menampilkan gambaran dari lagu yang akan ditampilkan selanjutnya, dan juga para member melakukan pergantian kostum)

- Mr Taxi

- Baby Baby

- I Am Diamond
- Express 999
- Tell Me Your Wish (Genie)
- The Great Escape
- Can't Take My Eyes Off You

- My J
- Kissing You
- Way To Go
- Gee
- Forever

Para member SNSD berinteraksi dengan para penonton dan berencana akan menyelesaikan perform mereka.

- Into The New World
- Oh!

Para member SNSD berinteraksi lagi dengan para penonton dan si Seohyun mengajak para SONE untuk datang ke Korea Selatan. *Siapa takut, #loh*

- Twinkle, dinyanyikan oleh semua member sambil melempar barang-barang ke penonton.

Para member SNSD kemudian berpamitan dan meninggalkan panggung. Secara overall saya puas juga dengan penampilan SNSD ini. Saya terlalu sibuk dengan menonton penampilan mereka dan menikmati lagunya *dan sibuk meneropong* jadi hanya sedikit melakukan pengambilan gambar dan video. Yaah kalau ingin melihat foto dan video kan bisa dicari di internet, pasti banyak yang mengunggahnya.

Here I'am... -,-

Konser berdurasi sekitar hampir 3 jam tersebut kemudian berakhir sekitar pukul 19.15. Setelah sudah agak sepi, kami lalu meninggalkan ruang konser. Ternyata di luar ruang konser masih ramai sekali para penonton yang antri ingin turun ke bawah. Mau cari makan pun juga susah karena tempat makan penuh semua yang tidak lain adalah para penonton SNSD yang kehausan dan kelaparan. Ditambah saat itu hujan sehingga kami terpaksai terdampar di mall sampai hampir pukul 22.00. Setelah hujan reda kami kemudian keluar untuk mencari taksi untuk pulang. Taksi yang ada pun taksi yang asing bagi saya. Setelah setengah jam berjalan akhirnya kami menemukan taksi 'biru' yang kosong. Lega akhirnya kami dapat pulang. Selama perjalanan ternyata hujan deras lagi, beruntung banget sudah berada di dalam taksi. Dan akhirnya sampai juga di kos pukul 23.00. ZzzZzzz.....

N.B. :
- Info poto konser SNSD dapat dilihat di Official Facebook Girls' Generation, Twitter kasku[s]one, Twitter Indonesian SONEs.
- Info video konser SNSD dapat dicari di Youtube karena pasti banyak versi fancamnya. Salah satunya adalah adalah video-video yang diunggah oleh saudara Upiel yaitu Opening + Hoot. Atau dari siaran ulang stasiun televisi sponsor event tersebut, Indosiar (lihat video).