Monday, July 23, 2007

Wisata Jawa Timur - Bromo, Taman Safari II, Jawa Timur Park I, Wisata Bukit Apel

Di pertengahan musim panas *padahal adanya musim kemarau* saya diajak bapak untuk mengikuti acara kantornya. Acara tersebut adalah jalan-jalan ke Malang. Saya berkesempatan ikut karena acara tersebut adalah acara keluarga. Jadi saya berangkat bersama bapak, ibu dan adik. Kami berangkat dari Klaten pada siang hari setelah Jumatan menggunakan bus pariwisata. Dalam perjalanannya kami berhenti sekali di Nganjuk untuk mengisi perut. Setelah itu kami sampai di rest area di Malang pada tengah malam.

Sekitar pukul 3.00 dini hari kami kemudian meninggalkan rest area dan naik semacam angkot untuk menuju ke Gunung Penanjakan. Di Gunung Penanjakan kami nantinya akan menonton sunrise. Maka dari itu kami harus berangkat pada malam harinya. Sekadar informasi Gunung Penanjakan dan Gunung Bromo letaknya berdekatan. Gunung Bromo merupakan gunung api yang masih aktif. Jadi tidak mungkin objek wisata untuk melihat sunrise di atas gunung yang masih aktif. Lagi pula tinggi Gunung Penanjakan lebih tinggi dari tinggi Gunung Bromo. Jadi, Gunung Penanjakan merupakan tempat yang pas sekali untuk melihat sunrise.

Dalam perjalanannya menuju Gunung Penanjakan kami melewati daerah yang super gelap dan sedikit sekali bahkan hampir tidak ada lampu penerangan jalan. Maka dari itu dalam perjalanan saya hanya mencoba untuk tidur saja. Tetapi sangat sulit untuk tidur pada waktu itu karena jalan yang bergeronjal, naik turun dan berkelok-kelok.

Setelah sampai di puncak Gunung Penanjakan udaranya sangat dingin sekali. Ditambah angin yang bertiup sangat kencang cukup membuat badan langsung menggigil. Walau sudah memakai jaket tetap saja dinginnya tak tertahankan. Akhirnya saya menyewa jaket bulu tebal dan membeli sarung tangan dan penutup kepala (topi rajut). Usaha tersebut kurang membuahkan hasil karena saya tetap saja kedinginan, tetapi paling tidak sudah sedikit berkurang daripada tadi.

Kemudian kami naik ke spot tempat untuk melihat sunrise. Teryata tempat tersebut sudah terdapat banyak sekali pengunjung. Ditambah pengunjung yang ada mayoritas adalah wisatawan mancanegara. Mereka tampaknya penasaran dengan keindahan sunrise dari Gunung Penanjakan ini.

Akhirnya setelah ditunggu sang mentari muncul juga dari tempatnya bersembunyi. Memang sungguh indah pemandangan matahari terbit tersebut. Dari Gunung Penanjakan juga dapat melihat Gunung Semeru, Gunung Batok dan Gunung Bromo. Di sekitar Gunung Bromo juga terlihat hamparan pasir putih yang sangat luas. Benar-benar pemandangan yang menakjubkan.

Matahari terbit dari Gunung Penanjakan

Berpakaian seperti ketika musim dingin di Eropa

Setelah matahari sudah cukup naik ke atas kami kemudian meninggalkan Gunung Penanjakan. Pemandangan saat perjalanan yang tidak dapat dilihat waktu datang tadi karena gelap dapat dilihat sekarang. Ternyata memang benar-benar menyeramkan menuruni Gunung Penanjakan. Dalam perjalanan kami melewati dataran luas berupa pasir di dekat Gunung Bromo. Namun sayang sekali kami tidak mencoba untuk mendaki ke Gunung Bromo karena schedule yang mengharuskan kami segera kembali ke rest area.

Gunung Bromo yang tidak kami kunjungi

Setelah sampai di rest area kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Taman Safari II. Taman Safari II merupakan salah satu dari tiga Taman Safari yang ada di Indonesia. Yang pertama ada di Bogor dan yang ketiga ada di Bali. Untuk Taman Safari II ini tepatnya ada di kabupaten Pasuruan dan berada di kawasan Taman Nasional Gunung Arjuna. Dalam melihat-lihat binatang kami hanya melihatnya dari dalam bus. Hal ini karena binatang-binatang yang ada dibiarkan bebas dan lepas kandang. Sangat berbahaya jika pengunjung tidak naik mobil karena binatang-binatang buas juga dibiarkan lepas. Cukup lama kami berputar-putar mengelilingi Taman Safari II. Ternyata Taman Safari II ini sangat luas dengan koleksi binatang yang sangat banyak.

Pintu masuk ke Taman Safari II

Segerombolan singa di Taman Safari II

Pada sore harinya kami kemudian mengunjungi Jawa Timur Park atau biasa disebut dengan Jatim Park. Jatim Park ada 2 yang semuanya terletak di Kota Batu. Jatim Park yang kami kunjungi adalah Jatim Park I. Setelah membeli tiket terusan kami kemudian mencoba berbagai macam wahana. Wahana yang lumayan seru walau terkesan khusus untuk anak-anak.

Jatim Park I

Salah satu miniatur di Jatim Park I menggambarkan kehidupan masa penjajahan

Setelah dari Jatim Park I kami kemudian menuju ke hotel tempat kami bermalam. Hotel tempat kami menginap terletak di Kota Batu. Benar-benar suasana yang sejuk.

Hotel tempat kami menginap

Di hotel dengan latar belakang gunung

Di hari berikutnya setelah sarapan kami kemudian check out dari hotel untuk kembali melanjutkan perjalanan ke tempat wisata berikutnya. Tempat yang kami kunjungi adalah Wisata Bukit Apel - Bumiaji. Sebenarnya wisata ini adalah wisata apel. Jadi pengunjung bisa melihat perkebunan apel, memetik apel dan memakan sepuasnya. Namun jika pengunjung ingin membawa sebagai oleh-oleh maka pengunjung harus membelinya. Namun tetap saja apel disini harganya lebih murah dan memiliki rasa yang enak.

Wisata Bukit Apel, waktunya panen apel

Setelah dari Wisata Bukit Apel kami segera melanjutkan perjalanan pulang ke Klaten. Dan kami sampai di Klaten sekitar pukul 21.00. Puaass....